Lima Bagian Rumah yang Wajib Rutin Dibersihkan

Rumah bersih menjadi dambaan setiap orang. Selain sedap dipandang, rumah yang bersih ikut pula menentukan kesehatan penghuninya. Namun, terkadang tempat yang kelihatannya bersih membuat kita segan untuk membersihkannya secara rutin. Padahal pada tempat yang seakan-akan bersih tersebut, tersimpan ribuan kuman dan bakteri yang membahayakan kesehatan. Karena itulah, wajib bagi pemilik rumah untuk secara rutin membersihkan bagian-bagian rumahnya. Terutama untuk titik-titik sebagai berikut :

Saklar & pegangan pintu

Menghidupkan dan mematikan lampu merupakan kegiatan rutin yang Anda lakukan di rumah. Begitu pula ketika memegang pegangan pintu. Tangan yang terlihat bersih menempel banyak bakteri dan berpindah melalui kedua tempat ini. Pada sebuah penelitian ditemukan terdapat setidaknya 217 bakteri yang dapat berpindah tangan melalui tombol lampu atau saklar dan pegangan pintu. Maka, Anda harus rajin membersihkan kedua tempat ini agar tidak membiarkan bakteri menumpuk dan berkembang biak.

Tempat cuci piring

Tempat cuci piring merupakan tempat bagi piring dan gelas kotor, selain itu juga menjadi tempat daging atau sayuran mentah sebelum dibersihkan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 500 ribu bakteri perinci persegi pada tempat cuci piring, maka diperlukan pembersihan rutin setidaknya 5 kali seminggu. Membersihkan tempat cuci piring tak hanya membilasnya dengan air bersih, tetapi disikat dan disabuni agar mematikan bakteri yang menempel.

Kulkas

Kulkas juga disebut sebagai sarang bakteri di rumah. Mungkin Anda sering menaruh makanan di dalam kulkas agar lebih tahan lama, lalu memanaskan kembali ketika akan kembali disantap. Bakteri dari makanan-makanan tersebut harus dibersihkan agar makanan tetap aman untuk di konsumsi. Selain itu, pegangan pada kulkas juga perlu diperhatikan. Bersihkan kulkas setidaknya seminggu sekali, untuk bagian pegangan kulkasnya, Anda dapat membersihkan dengan menggunakan air panas dan sabun.

Kran kamar mandi

Kran kamar mandi maupun wastafel merupakan tempat yang sering Anda dan keluarga sentuh. Meski tidak terlihat kotor, terdapat bakteri pada tangan dan menempel di kran tersebut. Sempatkan waktu untuk membersihkan setiap kran di rumah setiap hari. Cuci dengan sabun, bilas dengan air bersih lalu lap dengan kain kering. Handuk untuk mengeringkan tangan juga harus rutin diganti, karena bakteri bersarang pada handuk yang lembab.

Mainan anak-anak

Mainan merupakan peralatan yang mungkin hampir setiap harinya di sentuh oleh anak-anak. Setelah memegang mainan, biasanya anak-anak dengan santai memasukan tangan atau bahkan mainannya tersebut kedalam mulutnya. Anda perlu mencuci atau setidaknya merendam mainan yang sering digunakan anak-anak setiap hari.

Sumber : http://www.berita123.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s