Pembersih Alami untuk Rumah Anda

Jika ingin membersihkan rumah tanpa resiko kesehatan, tentunya harus menggunakan bahan alami. Sebab, tak jarang produk pembersih malah mengandung bahan kimia yang mengancam kesehatan. Sehingga justru malah lebih berbahaya dibanding kuman yang akan dibasmi. Berikut beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih alami:

 1.Air Lemon dan Garam

Lemon telah lama digunakan sebagai bahan pembersih, misalnya sebagai campuran kosmetik pembersih wajah. Untuk mendapatkan pembersih yang sempurna Anda bisa mencampur (air) lemon dengan garam dapur. Campuran tersebut bisa Anda gunakan untuk membersihkan talenan atau kerak yang menumpuk di wastafel dan keran dapur.

 2.Cuka

Tidak ada yang bisa menetralisir bau hewan peliharaan di karpet atau lantai sebaik yang cuka lakukan. Cuka bisa menjadi penyelamat Anda dalam membersihkan kaca jendela. Cairan yang murah dan mudah didapatkan ini juga bisa membersihkan teko, cangkir kopi, dan membersihkan noda membandel di pakaian Anda.

 3.Minyak Goreng

Bahan yang satu ini pastilah merupakan barang wajib berada di dapur. Tuangkan sedikit minyak goreng pada sehelai kain lembut dan gunakan untuk menggosok furnitur kayu , rotan, dan juga wajan.

4.Baking Soda

Anda bisa membuat lem dengan menggunakan baking soda yang dicampur dengan sedikit air. Tempelkan ke sikat gigi dan gunakan untuk mengosok benda besi seperti kran dan pembuka botol. Selain itu, Anda juga bisa menaburkan baking soda ke noda di karpet, diamkan beberapa jam, dan bersihkan dengan vakum.

5.Pasta Gigi

Satu colek pasta gigi di kain lembut bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda di sendok, garpu, setrika, atau perlengkapan sepuhan yang kotor.

6.Teh

Air teh yang pekat dapat Anda gunakan untuk merendam peralatan besi yang berkarat. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan peralatan berkebun Anda. Cukup didihkan satu atau dua panci teh pekat dan rendam peralatan Anda yang berkarat selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan alat tersebut.

7.Gliserin

Gliserin merupakan hasil hidrolisis minyak atau lemak yang berasal dari hewan. Saat ini, banyak sabun yang mengandung gliserin. Anda bisa menggunakan gliserin untuk membersihkan sisa lilin yang menempel di meja atau furnitur. Gunakan kapas atau kain yang dicelupkan ke gliserin, kemudian bersihkan meja atau furnitur Anda.

8.Soda

Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, soda ternyata juga berguna untuk membersihkan anggur merah atau sirup yang terkena pada baju Anda. Bercak karat pada barang stainless steel Anda juga bisa dibersihkan dengan menggunakan soda.

Sumber : carapedia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s