Trik Rumah Sejuk Meski Tanpa AC

Memiliki rumah berhawa sejuk tentu membuat penghuninya betah berlama-lama beristirahat di tempat tinggalnya. Untuk lebih praktis, orang seringkali memilih AC sebagai alternatif untuk menyejukkan ruangan. Namun, biaya listrik yang membengkak serta efek kurang baik dari AC yang tidak terawat membuat sebagian orang membuat upaya alternatif. Memang ada beberapa cara untuk membuat rumah sejuk meskipun tidak menggunakan AC. Berikut beberapa triknya :

  1. Langit-langit Tinggi

Plafon yang rendah memberi kesan rumah jadi terasa sempit dan sumpek. Sebaliknya, jika plafon tinggi akan membuat ruangan jadi terlihat semakin luas dan lebih terasa sejuk. Menghilangkan plafon bisa membuat ruang terbuka hingga atap juga bisa sebagai pilihan. Jika ingin mengurangi panas, Anda bisa gunakan lapisan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah genteng.

  1. Bukaan yang Cukup

Rumah akan terasa sejuk jika memiliki banyak bukaan sehingga ada udara alami masuk. Cara ini bisa menjadi solusi untuk rumah yang memiliki plafon rendah.

  1. Ventilasi Silang

Satu jendela di dalam satu ruangan mungkin tidak cukup. Agar sirkulasi udara berjalan baik, solusinya adalah dengan membuat ventilasi silang (cross ventilation), paling tidak dengan dua buah jendela atau ada lubang angin yang saling berhadapan.

  1. Dinding Styrofoam

Dinding styrofoam umumnya memang dipakai di studio rekaman untuk peredam suara. Namun, struktur styrofoam yang tersusun dari butiran tersebut tidak mampu menghantarkan panas. Hal ini bisa membuat styrofoam menjadi isolasi termal yang baik.

  1. Ventilator

Jika dipasang di atap rumah, turbine ventilator akan dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. Hembusan angin akan ditangkap sirip dan dialirkan ke dalam ruangan, sehingga akan terjadi sirkulasi udara didalam ruangan.

  1. Kaca Film

Kaca film yang ada di pasaran ada beberapa jenis, digunakan untuk menjaga privasi rumah, untuk keamanan sebuah rumah, dan dapat menolak panas matahari yang masuk ke dalam rumah. Untuk kaca film jenis terakhir ini sekarang mulai banyak dipakai untuk gedung atau untuk hunian yang berkonsep ramah lingkungan, yang ingin sinar matahari bisa tetap masuk namun tidak akan membuat ruangan terasa gerah.

  1. Perbanyak Tanaman

Adanya tanaman yang rindang di area pekarangan rumah bisa membuat rumah jadi terasa sejuk. Tapi, bagaimana jika halaman rumah terbatas? Solusinya adalah dengan menanam tanaman merambat menggunakan pergola atau dengan tanaman yang merambat di dinding. Tanaman ini bisa membuat suasana jadi adem dan dapat memasok oksigen bagi penghuni.

 

Sumber : carabaruku.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s