Tips Menata Ruang Tamu Sempit Minimalis

Memiliki rumah yang tidak begitu luas, konsekuensinya tentu saja memiliki ruang tamu yang mungil. Tapi jangan khawatir, jika tahu padu padan dan trik mengakalinya, ruang tamu yang mungil, bisa disulap menjadi cantik. Berikut tips menata ruang tamu mungil minimalis.

  1. Jendela Ukuran Besar

Untuk rumah minimalis, jendela merupakan alat visual untuk ‘memperbesar’ ruang tamu yang kecil. Ini disebabkan pandangan mata akan sedikit bergeser keluar dinding tepat pada pemandangan outdoor. Tanpa Anda sadari hal ini akan menyatu dengan ruangan lain, misalnya ruang keluarga. Anda bisa memanfaatkan efek ini dengan mengaplikasikan jendela telanjang atau bisa juga jendela dengan tirai warna senada dengan warna dinding agar dapat menghilangkan batas-batas sekaligus membuka ruang.

  1. Ruang Multitasking

Apabila rumah Anda memang sangat kecil dan tidak dapat menjangkau semua kebutuhan, Anda dapat menjadikan salah satu ruangan sebagai ruang multifungsi. Misalnya ruang tamu sekaligus Anda jadikan ruang tidur yang nyaman dengan menggunakan sofa yang empuk, lembut dan layak untuk tempat tidur tamu. Untuk itu Anda bisa cari jenis sofa multifungsi sehingga dapat digunakan untuk duduk, dan nyaman jika difungsikan sebagai tempat tidur. Lengkapi dengan sepasang bantal dan guling yang meniru desain dan motif sofa.

  1. Perabot Mungil

Ruang tamu sempit mudah kewalahan jika harus menampung furniture ukuran besar. Sebaiknya Anda pilih perabot simpel dan rapi dengan frame lebih ramping. Aplikasikan sepasang kursi dengan dudukan rendah untuk menghilangkan efek visual berat yang mungkin mengurangi estetika ruang dan mengganggu kenyamanan tamu.

  1. Dinding Berwarna

Cobalah cat warna hijau untuk ruang tamu. Anda harus tahu warna hijau pada dinding mampu membuat ruang tamu lebih menyatu dengan pemandangan serta area yang lebih luas diluar. Untuk mempertahankan kesan ruangan yang tetap terang dan terbuka, letakkan perabot dan aksesoris warna putih serta pernak-pernik yang juga berwarna putih. Bila perlu beri sentuhan warna lain asalkan tidak terlalu dominan.

  1. Ruangan Lebih Tinggi

Yang terakhir adalah meningkatkan kesan lebih tinggi pada ruangan. Berilah aksen garis vertikal yang mengarahkan pandangan dari lantai hingga ke langit-langit. Langit-langit yang lebih tinggi membuat ruangan terasa lebih lega, apalagi jika dinding menggunakan warna cat yang cerah dan lembut. Dengan masih mempertimbangkan langit-langit, Anda dapat menggantung lukisan atau karya seni disalah satu sisi dinding ruang tamu. Sumber : kumpulandesainrumah minimalis.info

Tinggalkan komentar